Berita Umum

Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan V di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur

Samarinda-Dra. Nina Dewi, M.AP selaku kepala BPSDM Provinsi Kalimantan Timur mewakili Gubernur Kalimantan Timur menutup kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan V di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Senin (12/05/22)

Kegiatan yang telah terlaksana sejak 19 Agustus hingga 5 Desember 2022 ini diikuti sebanyak 40 peserta yang terdiri dari Pejabat Administrator dari berbagai Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah membentuk pemimpin-pemimpin yang memiliki kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja yang harus bertanggung jawab untuk memimpin suatu pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh pejabat administrator.

Pada kesempatan ini Kepala BPSDM menyampaikan ucapan terima kasih kepada peserta yang telah menyelesaikan pelatihan ini dengan baik dan bersungguh-sungguh, menyelesaikan pendidikan dan membentuk diri menjadi Pejabat Administrator yang professional di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur yang nantinya akan bertugas dan mengabdi di tempatnya masing-masing.

“Di era sekarang ini, cara bekerja kita baik sebagai seorang ASN maupun seorang pemimpin saat ini menghadapi berbagai tantangan yang tidak mudah. Tantangan yang pertama adalah terkait tentang digital disruption, dimana teknologi menjadi pengubah utama masa depan, termasuk layanan publik. Kita harus menempatkan citizens pada posisi terdepan, yang artinya subyek utama pelayanan kita adalah masyarakat. Dan ketika kita menggunakan teknologi sebagai cara untuk melayani, maka jangan gunakan teknologi untuk konsep, tetapi sebagai cara untuk memudahkan.”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Tantangan berikutnya adalah terkait cara membangun hubungan emosional dengan masyarakat. Engagement people atau membangun ownership dari masyarakat menjadi poin penting untuk mendapatkan apresiasi dan pengakuan oleh masyarakat terhadap hasil kerja kita sebagai pelayan public.  Sebuah keterikatan yang kuat dan erat antara pemerintah dengan masyarakat tentu saja dapat membantu pemerintah untuk mencapai tujuannya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Di akhir sambutannya, Nina Dewi berpesan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan pada masyarakat, agar bisa mendapatkan kebutuhannya dengan cepat, tepat, transparan, obyektif, efektif, efisien, dan professional.

“Teruslah berinovasi dan berkreasi terutama dalam pelaksanaan tugas dalam pelayanan. Apa yang saya utarakan ini adalah tantangan, sekaligus bagaimana cara membuktikan hasil dari apa yang didapatkan oleh para peserta pelatihan ketika kembali bekerja ditempat masing-masing.”

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Perangkat Daerah Asal Instansi Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan 5. (/MD)

Foto : Humas BPSDM Kaltim

www.bpsdm.kaltimprov.go.id

Agenda Kegiatan

There are no upcoming events.