








Samarinda-Untuk memberikan pemahaman, pembekalan, serta keterampilan dasar dalam hal pelayanan prima kepada seluruh unsur pelaksana tugas sebagai pelayan publik, Badan pengembanagn Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Timur menggelar In House Training Service Excellent bagi Aparatur Sipil Negara, Tenaga Keamanan serta Tenaga Kebersihan yang terselenggara di Aula “Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami” BPSDM Kaltim CorpU. Jum’at (17/09/25).
Kepala BPSDM Kaltim, Dra Nia Dewi M.AP saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan mengatakan, dalam era birokrasi yang semakin terbuka, akuntabel, dan berorientasi pada pelayanan, sevice excellent bukan lagi menjadi pilihan melainkan sebuah keharusan.
Menurutnya, seluruh unsur dalam organisasi, mulai dari pejabat struktural hingga petugas keamanan maupun petugas kebersihan memiliki peran penting dalam membangun citra dan mutu pelayanan di mata masyarakat maupun internal organisasi itu sendiri.
Nina pula menambahkan, sebagai lembaga pengembangan SDM di tingkat provinsi, sudah seharusnya BPSDM menjadi contoh nyata dalam menghadirkan pelayanan yang berkualitas.
“Oleh karena itu, IHT ini kita selenggarakan bukan sebagai agenda rutin, melainkan sebagai bagian dari upaya penanaman budaya kerja melayani yang unggul, yang dilandasi oleh nilai-nilai empati, profesionalisme, kerja tim, serta orientasi pada hasil dan kepuasan pengguna layanan.” Pungkasnya.
Kita semua, lanjut Kepala BPSDM, memiliki peran yang unik namun saling melengkapi, ASN dituntut memberikan pelayanan berbasis regulasi dan kompetensi teknis, tenaga keamanan menjaga ketertiban dan kenyamanan lingkungan kerja, sedangkan tenaga kebersihan memastikan tempat kerja tetap bersih, sehat dan layak.
“Tanpa kolaborasi dan semangat pelayan dari semua unsur tersebut, pelayanan prima hanya sekedar slogan kosong” tegasnya.
Sebagai penutup arahan, Kepala BPSDM mengajak para peserta untuk menjadikan kegiatan ini sebagai momentum dalam membangun budaya kerja melayani, bukan hanya karena kewajiban, tetapi karena kesadaran penuh dan komitmen bersama untuk menjadikan BPSDM sebagai institusi yang humanis, responsif dan terpercaya.
Sebelumnya, Analis Pengembangan Kompetensi Ahli Muda BPSDM Kaltim Tajuddin Noor, dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini menghadirkan narasumber, Meyrinda Tobing, S.Pd., M.Kes bersama tim dari MT Manajemen, sebuah Lembaga yang berpengalaman dalam pelatihan peningkatan kompetensi pelayanan publik. Yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 17 hingga 18 Oktober 2025.





