
Samarinda-Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Timur Corporate University (BPSDM Kaltim CorpU) senantiasa berkomitmen untuk ikut mengembangkan kompetensi dan mewujudkan ASN Tangguh di Kalimantan Timur.
Untuk itu BPSDM Kaltim CorpU menggelar 5 Pembukaan Kegiatan sekaligus yakni Pelatihan Public Speaking and Effective Communication Skill Angkatan 1, Pelatihan Bahasa Isyarat Bagi Petugas Pelayanan Angkatan 1, Pelatihan Penyusunan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja Angkatan 2, Pelatihan Investigasi dan Keselamatan Kerja bagi Jabatan Fungsional Pengawas Ketenagakerjaan serta Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Keuangan bagi Jabatan Fungsional Arsiparis dan Pengelola Arsip Keuangan Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur yang dilaksanakan di Aula Utama BPSDM Kaltim. Senin (16/6/25).
Pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksankan oleh Bidang Pengembangan Kompetensi Teknis (PKT) dan Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial & Fungsional (PKMF) BPSDM Kaltim.
Dra Nina Dewi selaku Kepala BPSDM Provinsi Kaltim saat membuka kegiatan menyampaikan, Kegiatan ini merupakan bagian dari program strategis BPSDM Provinsi Kalimantan Timur dalam mendukung pengembangan kompetensi ASN, khususnya dalam rangka memperkuat kapasitas kelembagaan dan individu dalam mendukung tata Kelola pemerintahan yang profesional, akuntabel, dan berbasis merit.
“Kelima pelatihan ini memiliki urgensi dan relevansi masing-masing dalam mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik, pengelolaan SDM aparatur, serta penguatan tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan profesional.” Tegasnya.
Ia pula menjelaskan Pelatihan Public Speaking and Effective Communication Skill sangat penting untuk memperkuat kemampuan ASN dalam menyampaikan informasi dengan jelas, meyakinkan, dan membangun relasi yang positif di berbagai situasi kerja. Pelatihan bahasa isyarat adalah bentuk komitmen inklusifitas layanan publik memastikan bahwa masyarakat difabel juga mendapatkan pelayanan yang setara dan bermartabat. Sementara itu, pelatihan Anjab dan ABK merupakan fondasi dalam manajemen ASN, agar formasi dan distribusi pegawai sesuai dengan kebutuhan riil organisasi.
Di waktu yang sama, bagi para pengawas ketenagakerjaan, Pelatihan Investigasi dan Keselamatan Kerja bagi Jafung Pengawas Ketenagakerjaan bertujuan memperkuat peran pengawas dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman, adil, dan sesuai norma ketenagakerjaan. Investigasi kecelakaan kerja dan kepatuhan terhadap standar K3 merupakan hal yang krusial, apalagi dalam sektor industri yang berkembang pesat di Kalimantan Timur.
.
Adapun bagi Jafung Arsiparis dan Pengelola Arsip Keuangan, Bimtek Pengelolaan Arsip Keuangan diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan kesadaran akan pentingnya pengelolaan dokumen keuangan secara tertib, sistematis, dan sesuai regulasi. Arsip yang dikelola dengan baik bukan hanya mencerminkan akuntabilitas, tapi juga menjadi pelindung hukum di kemudian hari.
.
“Saya berharap kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat, karena ilmu dan keterampilan yang diperoleh akan sangat bermanfaat dalam mendukung tugas dan tanggung jawab masing-masing.” Kata Nina.
.
Sebelumnya, Kepala Bidang PKMF Rina Kusharyanti dalam laporannya mengatakan seluruh pelatihan dilaksanakan secara tatap muka, Pelatihan Public Speaking and Effective Communication Skill dilaksanakan dari tanggal 16 sd 20 Juni 2025 dengan jumlah peserta sebanyak 30 Orang, Pelatihan Bahasa Isyarat Bagi Petugas Pelayanan Angkatan 1 dilaksanakan dari tanggal 16 sd 18 Juni 2025 dengan jumlah peserta sebanyak 30 Orang, Pelatihan Penyusunan Anjab ABK Angkatan 2 dilaksanakan dari tanggal 16 sd 19 Juni 2025 dengan jumlah peserta sebanyak 30 Orang, Pelatihan Investigasi dan Keselamatan Kerja dilaksanakan dari tanggal 16 sd 20 Juni 2025 dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang, sedangkan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Keuangan dilaksanakan dari tanggal 16 sd 18 Juni 2025 dengan jumlah peserta sebanyak 30 bertempat di Kampus Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami BPSDM Kaltim.
Sebagai Narasumber pelatihan berasal dari PPSDM Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan RI, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Tim SCB International Consulting, SLBN Pembina Provinsi Kaltim beserta Mitranya, Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim dan Widyaiswara BPSDM Provinsi Kaltim.
.
Tampak Hadir mewakili Kepala BKD Kaltim Plt Kasubbag Umum Tofa Maududi, Widyaiswara Ahli Utama Moh Jauhar Efendi, Sekretaris BPSDM Kaltim Anna Midawaty, Kepala Bidang SKPK Siti Djaitun, Plh Kepala Bidang PKT Indri Widayanti, Analis Bangkom Ahli Muda Tajuddin Noor.