



Samarinda-Dalam era birokrasi modern, pelayanan publik yang berkualitas menjadi tuntutan utama masyarakat. Sebagai aparatur negara, dituntut untuk memberikan pelayanan yang cepat, tepat, ramah, dan profesional.
Maka Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Timur Corporate University (BPSDM Kaltim CorpU) melalui Bidang Pengembangan Kompetensi Teknis (PKT) menyelenggarakan Pelatihan Pelayanan Prima Angkatan I dan II bagi ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Selasa (18/3/25).
“Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk komitmen kita dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, khususnya dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.” Ungkap Anna Midawaty selaku Sekretaris saat membuka sekaligus membacakan sambutan Kepala BPSDM Provinsi Kalimantan Timur.
Ia melanjutkan, Sebagaimana kita ketahui, pelayanan publik yang prima bukan hanya sekadar kewajiban, tetapi juga merupakan cerminan dari kualitas pemerintahan yang baik.
Melalui pelatihan ini, Anna berharap para peserta dapat memahami konsep dasar pelayanan prima, meningkatkan keterampilan komunikasi dan interaksi dengan masyarakat, serta mampu mengimplementasikan nilai-nilai pelayanan publik yang berorientasi pada kepuasan masyarakat. Pelayanan yang berkualitas bukan hanya sekadar tugas, tetapi merupakan bentuk tanggung jawab dan dedikasi kita sebagai pelayan masyarakat.
Sebelumnya dalam laporan panitia penyelenggara yang disampaikan Analis Pengembangan Kompetensi Ahli Muda BPSDM Kaltim Indri Widayanti menyampaikan Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode tatap muka (klasikal) dari 18 s.d 20 Maret 2025 sebanyak 27 Jam Pembelajaran bertempat di Kampus Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami BPSDM Prov. Kaltim.
Peserta pelatihan terdiri dari ASN dari berbagai perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dengan total jumlah peserta sebanyak 60 orang.
Menghadirkan narasumber yang berasal dari BPSDM Prov. Kaltim dan Fasilitator Pelayanan Prima Bapak Drs. Muchlis Syahranie, MBA