




Samarinda-Tujuan Tema Sharing Session Episode ini adalah untuk Memberikan pemahaman bahwa kepercayaan masyarakat adalah aset penting dalam keberhasilan suatu lembaga atau organisasi, baik di sektor pemerintahan maupun swasta.
Disampaikan oleh Dra Nina Dewi MAP selaku Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Timur Corporate University (BPSDM Kaltim CorpU) saat membuka Sharing Session episode 90 dengan Tema “Membangun Kepercayaan Publik Melalui Integritas dan Inovasi Layanan” yang di gelar oleh Bidang Sertifikasi Kompetensi dan Pengelolaan Kelembagaan (SKPK) melalui Zoom Meeting yang dapat disaksikan kembali pada Youtube BPSDM Kaltim. Jumat (29/8/25).
Menghadirkan pembicara yakni Prof. Dr. R. Siti Zuhro, MA Seorang Peneliti Utama Politik di Badan Riset dan Inovasi Nasional ditemani Yoyok Setyo Langgeng, M.Si Widyaiswara BPSDM Provinsi Kalimantan Timur selaku moderator.
Kepala BPSDM Kaltim menyampaikanTema ini sangat relevan di tengah era keterbukaan informasi dan ekspektasi masyarakat yang terus meningkat, kepercayaan publik menjadi fondasi utama dalam penyelenggaraan pelayanan yang baik. Tanpa kepercayaan, sebaik apa pun program yang dirancang, tidak akan mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat.
Ia menekankan, tanpa kepercayaan, legitimasi dan efektivitas layanan akan menurun
“Oleh karena itu, integritas harus menjadi nilai dasar yang melekat pada setiap insan pelayan publik.” Ungkapnya.
Namun tentu saja, lanjut Nina, Integritas bukan hanya soal kejujuran, tetapi juga tentang konsistensi antara perkataan dan perbuatan, antara janji dan realisasi.
Sementara itu, inovasi layanan menjadi kunci dalam menghadirkan solusi yang cepat, tepat, dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis.
Kepala BPSDM berharap melalui Sharing Session Episode ke 90 ini, akan terbangun kesadaran bersama bahwa membangun kepercayaan publik bukanlah pekerjaan instan. Membutuhkan komitmen, kolaborasi, sertakeberanian untuk berubah dan berbenah.
“Jadilah ASN yang tidak hanya hadir, tapi berarti. Tidak hanya melayani, tapi membangun kepercayaan, Melayani dengan hati, bekerja dengan akal, dan menjaga integritas di setiap langkah itulah jalan ASN menuju kepercayaan publik .” Tutup Nina.