Berita Diklat

“Jangan Acuhkan Mutu”

Samarinda-Jumat pagi (18/09/20) kelas PKP 03 Provinsi diisi pemateri, Budi Triswanto, dari Badan Standarisasi Nasional (BSN) Republik Indonesia dengan mengusung tema Sistem Manajemen Mutu. Kegiatan ini dipandu oleh moderator Dr. Fitriansyah selaku Kabid PKMF di BPSDM Prov. Kaltim.

Pak Budi menerangkan bahwa Sistem Manajemen Mutu didalam SNI ISO 9001:2015 disusun berdasarkan sebuah siklus Rencana, Lakukan, Periksa, dan Tindaki. Tujuan akhirnya tidak lain adalah untuk mewujudkan Kepuasan Pelanggan dan Produk/Jasa yang diberikan. Oleh karena itu 10 faktor kunci yang menjadi fokus didalam Manajemen Mutu adalah diantaranya organisasi, kepemimpinan, perencanaan, dukungan, operasi, evaluasi kinerja dan peningkatan mutu.

Untuk mewujudkan sebuah sistem manajemen mutu yang unggul, maka faktor utama yang paling penting adalah Komitmen Pimpinan. Faktor Kepemimpinan ini merupakan sebuah syarat mutlak untuk menjalankan Manajemen Mutu yang baik dalam sebuah organisasi. Faktor kedua adalah fokus kepada pelanggan sebagai tujuan akhirnya. Selanjutnya adalah Kebijakan Mutu dalam Organisasi yang harus ditetapkan dan dikelola dengan baik pula. Dan yang tak kalah pentingnya adalah faktor Komunikasi dan Tanggung Jawab dari semua anggota organisasi.

Sebagai targetnya, maka perlu penetapan Sasaran Mutu sebagai sebuah goal yang harus dicapai dalam hasil akhir Manajemen Mutu didalam organisasi. Pada bagian akhir pak Budi berpesan, “Setiap anggota organisasi harus aware atau peduli terhadap Manajemen Mutu di setiap Bidang. Kita tidak boleh acuh terhadap keluhan atau kekurangan yang dikemukakan pelanggan atau user”.(/Fit)

Agenda Kegiatan

There are no upcoming events.